Apa Manfaat Dukungan Visual bagi Anak Autis?

Sharing is caring!

Dukungan visual dapat membantu anak autis menyampaikan keinginannya, belajar situasi sosial, dsb.

Food vector created by pch.vector – www.freepik.com

Dukungan visual adalah foto-foto, gambar-gambar, simbol-simbol, benda-benda, daftar-daftar, dsb. yang digunakan untuk membantu seorang anak yang kesulitan untuk memahami atau menggunakan bahasa dalam berkomunikasi.

Salah satu contoh pengaplikasian dukungan visual bagi anak autis adalah pembuatan tabel jadwal kegiatan bergambar. Seorang anak dengan autisme mungkin akan mengalami kecemasan ketika dirinya berada dalam situasi yang tidak bisa diprediksi. Anak autis juga mungkin akan merasa stres ketika rutinitasnya berubah tiba-tiba. Maka dari itu, tabel jadwal kegiatan dapat membantu mengurangi perilaku-perilaku buruk dengan memberikan gambaran kepada anak mengenai apa yang bisa mereka harapkan.

Dukungan visual juga dapat digunakan misalnya untuk membantu orang tua berkomunikasi dengan anak. Bagi anak-anak dengan autisme, berkomunikasi secara verbal melalui ucapan mungkin menyulitkan. Anak mungkin tidak bisa mengekspresikan dengan baik apa yang dibutuhkan atau diinginkannya. Dukungan visual dapat mengurangi rasa frustrasi dan perilaku buruk anak akibat kesulitan berkomunikasi. Misalnya, dengan menggunakan kartu-kartu untuk mengomunikasikan kebutuhan tertentu.

Tentu masih ada lagi bentuk-bentuk atau variasi pengaplikasian yang mungkin diterapkan. Misalnya, untuk membantu anak belajar, membuat pilihan, mengajarkan anak mengenai situasi-situasi sosial melalui komik, dsb.

Secara luas, manfaat dukungan visual bagi penyandang autisme berdasarkan National Autistic Society meliputi:

  • membantu penerapan struktur dan rutinitas,
  • mendukung kemandirian,
  • membangun rasa percaya diri,
  • meningkatkan pemahaman,
  • menghindarkan rasa frustrasi dan kegelisahan, dan
  • menyediakan kesempatan bagi penyandang untuk berinteraksi dengan yang lain.

Manfaat ini dapat dirasakan karena dukungan visual dapat menjadikan komunikasi lebih bersifat nyata dan konsisten. Tidak seperti ketika saat berkomunikasi dengan berbicara, komunikasi dengan bantuan dukungan visual dapat meningkatkan konsistensi dan anak bisa mengulang-ulang informasi agar bisa mencernanya dengan melihat gambar.

Lalu, bagaimana penerapan yang baik dari dukungan visual? Secara umum berdasarkan National Autistic Society, dalam pengaplikasian penggunaan dukungan visual, ada beberapa tips yang dapat meningkatkan efektivitasnya:

  • portable: buatlah agar dukungan visual bisa dibawa ke mana-mana,
  • durable: buatlah agar dukungan visual tidak mudah rusak,
  • easy to find: tempatkan dukungan visual di tempat-tempat yang mudah dijangkau/ditemukan,
  • personalised: kebutuhan setiap individu berbeda-beda (sesuaikan dukungan visual dengan kebutuhan, karakteristik, dan kondisi anak), dan
  • consistent: ajak anggota keluarga, guru-guru, dan yang lainnya untuk menggunakan jenis/gaya dukungan visual yang serupa.

Demikian bahasan singkat mengenai manfaat dukungan visual bagi anak autis. Dukungan visual bisa berbentuk foto, gambar, benda-benda, dll. Pengaplikasiannya pun bisa beragam dan dirancang sesuai kebutuhan anak. Ada banyak manfaat yang bisa dirasakan oleh anak dengan autisme dari penggunaan dukungan visual ini.

Semoga bermanfaat.

Referensi

  1. AUTISM SPEAKS. Visual Supports and Autism [daring]. 2018 [dilihat 25 Agustus 2021]. Tersedia dari: https://www.autismspeaks.org/sites/default/files/2018-08/Visual%20Supports%20Tool%20Kit.pdf
  2. NATIONAL AUTISTIC SOCIETY. Visual supports [daring]. Tidak tersedia [dilihat 25 Agustus 2021]. Tersedia dari: https://www.autism.org.uk/advice-and-guidance/topics/communication/communication-tools/visual-supports
Apa Manfaat Dukungan Visual bagi Anak Autis?

Satu gagasan untuk “Apa Manfaat Dukungan Visual bagi Anak Autis?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *