Bahaya Timbal bagi Tumbuh Kembang Anak

Sharing is caring!

Bahaya Timbal bagi Tumbuh Kembang Anak

Sudah merupakan pengetahuan umum bahwa paparan timbal memberikan dampak yang buruk bagi kehidupan kita. Akan tetapi, belum tentu kita mengetahui secara spesifik apa bahayanya terhadap tumbuh kembang anak.

Berdasarkan WHO, timbal dapat memengaruhi perkembangan otak anak dengan menyebabkan berkurangnya IQ, perubahan perilaku seperti berkurangnya jangka atensi dan meningkatnya perilaku antisosial, dan pencapaian pendidikan yang berkurang (1).

WHO juga menambahkan bahwa dampak-dampak ini dipercaya tidak dapat dipulihkan. Lantas, sebagai orang tua, kita harus lebih peduli terhadap paparan timbal demi tumbuh kembang anak kita.

Salah satu bentuk penjagaan anak kita dari paparan timbal adalah memilih benda-benda yang bebas timbal. Berdasarkan Departemen Kesehatan Negara Bagian New York, sumber keracunan timbal yang paling umum adalah debu dan serpihan dari cat lama (sebelum cat dengan timbal dilarang) (2).

Di Amerika Serikat, pada tahun 1978 pemerintah federasi melarang penggunaan timbal dalam cat untuk penggunaan konsumen (3). Oleh karena itu, pastikan Anda memilih cat yang bebas timbal untuk rumah atau benda-benda Anda.

Selain cat, timbal juga dapat ditemukan pada benda-benda lainnya seperti kosmetik, kaleng makanan, pipa air, mainan, barang tembikar dsb. (4). Oleh karena itu, berhati-hatilah sebelum membeli sesuatu. Cari tahulah mengenai kandungan timbalnya.

Referensi

  1. WHO. Lead poisoning and health [online]. 2018 [dilihat 27 September 2019]. Tersedia dari: https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/lead-poisoning-and-health
  2. DEPARTMENT OF HEALTH OF NEW YORK STATE. Sources of Lead [online]. 2010 [dilihat 27 September 2019]. Tersedia dari: https://www.health.ny.gov/environmental/lead/sources.htm
  3. UNITED STATES ENVIRONMENTAL PROTECTION AGENCY. Protect Your Family from Exposures to Lead | Lead | US EPA [online]. Tidak tersedia [dilihat 27 September 2019]. Tersedia dari: https://www.epa.gov/lead/protect-your-family-exposures-lead
  4. MAYO CLINIC. Lead poisoning – Symptoms and causes – Mayo Clinic [online]. 2016 [dilihat 27 September 2019]. Tersedia dari: https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/lead-poisoning/symptoms-causes/syc-20354717
Bahaya Timbal bagi Tumbuh Kembang Anak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *