Kecerdasan Majemuk: Kenali dan Bantu Anak Berkembang

Sharing is caring!

Sebagai orang tua, kita tidak perlu membanding-bandingkan anak kita dengan anak-anak yang lain. Mengapa demikian? Karena setiap anak memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Menurut psikolog Rose Mini, dalam diri anak ada banyak potensi yang bisa dikembangkan karena pada dasarnya terdapat kecerdasan majemuk (1).

Sebuah Kubus Rubik
Apa itu kecerdasan majemuk?

Apa itu kecerdasan majemuk? Howard Gardner—seorang profesor dari Harvard Graduate School of Education—terkenal dengan teori kecerdasan majemuknya (2). Dalam teorinya, setiap manusia memiliki 8 kecerdasan berbeda yang mencerminkan berbagai cara berinteraksi dengan dunia dengan 1 jenis kecerdasan ditambahkan kemudian (total ada 9) (3).

Berikut adalah 9 kecerdasan majemuk yang dimaksud (4):

  1. Kecerdasan Verbal-Linguistik. Kemampuan verbal yang baik dan kepekaan terhadap suara, makna, dan irama dari kata-kata. Memiliki kemampuan mendengarkan, bercakap, menulis, mengajar. Karier: penyair, jurnalis, penulis, guru, pengacara, politikus, penerjemah.
  2. Kecerdasan Matematis-Logis. Kemampuan untuk berpikir secara terkonsep dan abstrak dan kapasitas untuk memahami pola-pola logika dan angka. Memiliki kemampuan memecahkan masalah (yang menggunakan logika dan matematika), melakukan eksperimen. Karier: ilmuwan, insinyur, akuntan, ahli matematika.
  3. Kecerdasan Musikal. Kemampuan dalam menciptakan dan mengapresiasi irama, nada, dan warnanada. Memiliki kemampuan bernyanyi, bermain instrumen, membuat musik. Karier: musisi, penyanyi, komposer.
  4. Kecerdasan Kinestetik-Jasmani. Kemampuan mengontrol gerakan-gerakan tubuh dan mempergunakan benda-benda secara terampil. Memiliki kemampuan menari, olahraga, eksperimen secara langsung, akting. Karier: atlet, guru olahraga, penari, aktor, pemadam kebakaran.
  5. Kecerdasan Visual-Spasial. Kemampuan untuk membayangkan gambar-gambar dan membuat visualisasi secara akurat dan abstrak. Memiliki kemampuan membuat puzzle, lukisan, konstruksi, memperbaiki benda-benda, mendesain benda-benda. Karier: pemahat, pelukis, arsitek, ahli mekanik, penemu, insinyur.
  6. Kecerdasan Interpersonal. Kemampuan untuk mendeteksi dan merespon secara sesuai terhadap perasaan, motivasi, dan keinginan orang lain. Memiliki kemampuan melihat dari sudut pandang orang lain, berempati, konseling, bekerja sama. Karier: penasehat, sales, politikus, pebisnis, menteri.
  7. Kecerdasan Intrapersonal. Kemampuan untuk sadar diri dan selaras dengan perasaan batin, nilai-nilai, kepercayaan, dan proses berpikir. Memiliki kemampuan mengenali kelebihan dan kekurangan diri, merenung, menyadari perasaan sendiri. Karier: peneliti, ahli teori, ahli filsafat.
  8. Kecerdasan Naturalis. Kemampuan untuk mengenali dan mengkategorikan tumbuh-tumbuhan, hewan-hewan, dan benda-benda lain di alam. Memiliki kemampuan mengenali keterhubungan diri dengan alam, menerapkan teori sains ke kehidupan. Karier: ilmuwan, ahli tumbuhan/hewan, arsitek lansekap.
  9. Kecerdasan Eksistensial. Kepekaan dan kapasitas untuk memecahkan pertanyaan-pertanyaan mendalam seperti keberadaan manusia, makna hidup, dsb. Memiliki kemampuan untuk merenung dan berpikir secara mendalam, mendesain teori-teori abstrak. Karier: ilmuwan, ahli filsafat, ahli ilmu agama.

Dengan mengetahui berbagai macam kecerdasan ini, kita dapat memiliki gambaran mengenai pengembangan diri anak kita. Ke dalam aspek kecerdasan yang mana anak kita lebih menonjol? Karena tentunya setiap anak adalah unik, maka kita harus memahami bahwa sekadar membanding-bandingkan anak kita dengan anak-anak yang lain tidaklah bermanfaat. Maka dari itu, kenalilah kelebihan dan kekurangan anak kita. Galilah potensinya dan berilah mereka dukungan dan dorongan menuju pengembangan diri yang lebih baik.

Referensi

  1. ANSORI, Ade Nasihudin Al. Peran Penting Orangtua Optimalkan Periode Emas Tumbuh Kembang Anak [daring]. 2020 [dilihat 6 Juli 2020]. Tersedia dari: https://www.liputan6.com/health/read/4273565/peran-penting-orangtua-optimalkan-periode-emas-tumbuh-kembang-anak
  2. HARVARD GRADUATE SCHOOL OF EDUCATION. Howard Gardner [daring]. Tidak tersedia [dilihat 6 Juli 2020]. Tersedia dari: https://www.gse.harvard.edu/faculty/howard-gardner
  3. ADRIAN, Kevin. 9 Kecerdasan Majemuk pada Anak yang Perlu Diketahui. 2018 [dilihat 6 Juli 2020]. Tersedia dari: https://www.alodokter.com/9-kecerdasan-majemuk-pada-anak-yang-perlu-diketahui
  4. SUNY CORTLAND. The 9 Intelligences of MI Theory [daring]. Tidak tersedia [dilihat 6 Juli 2020]. Tersedia dari: https://web.cortland.edu/andersmd/learning/MI%20Table.htm
Kecerdasan Majemuk: Kenali dan Bantu Anak Berkembang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *