Kemampuan Perencanaan Motorik

Sharing is caring!

Apa itu kemampuan perencanaan motorik?

Untuk dapat mengerjakan aktivitas fisik dengan baik, tidak hanya diperlukan kemampuan motorik kasar, motorik halus, dan koordinasi saja, tetapi juga diperlukan apa yang disebut kemampuan perencanaan motorik. Kemampuan perencanaan motorik ini memungkinkan kita mengetahui langkah-langkah apa saja yang harus dilakukan serta urutannya untuk menyelesaikan suatu pekerjaan tertentu.

Perencanaan motorik terjadi begitu cepat dalam otak sebelum dan ketika kita melakukan sesuatu. Aktivitas yang kita lakukan seperti ketika sikat gigi mungkin terlihat otomatis, tetapi sebenarnya otak kita melakukan proses perencanaan yang menentukan bagiamana kita akan bergerak, langkah-langkah yang akan kita lakukan, serta urutannya.

Sebagai gambaran, kita dapat mengambil contoh cuci tangan. Otak kita harus memikirkan bagaimana kita akan menggerakkan tubuh kita untuk melakukannya. Bagaimana kita menggerakkan tangan dan jari untuk mengambil sabunnya? Bagaimana cara memegang sabunnya agar kita bisa menggosokkannya ke tangan? Sejauh mana kita mengambil jarak dari keran supaya tidak kecipratan? Urutannya pun harus diperhatikan.

Anak-anak dengan permasalahan kemampuan perencanaan motorik akan sulit belajar dari pengalamannya mengenai bagaimana melakukan suatu aktivitas fisik. Mereka tetap akan sulit melakukan sesuatu secara efisien sekalipun mereka memiliki pengalaman-pengalaman mengerjakannya sebelumnya. Permasalahan ini bisa mengganggu pembelajarannya di sekolah karena pekerjaan-pekerjaan fisik dasar dapat menjadi sulit bagi mereka.

Apabila anak memiliki permasalahan dalam kemampuan perencanaan motorik, okupasi terapis dapat membantu. Dengan okupasi terapi, kemampuan perencanaan motorik dapat ditingkatkan sekalipun memerlukan waktu, kesabaran, dan banyak latihan.

Referensi

  1. HOLECKO, Catherine. Motor Planning, Control, and Coordination [daring]. 2020 [dilihat 4 Agustus 2021]. Tersedia dari: https://www.verywellfamily.com/what-is-motor-planning-1256903
  2. UNDERSTOOD. Motor Planning: What You Need to Know [daring]. Tidak tersedia [dilihat 4 Agustus 2021]. Tersedia dari: https://www.understood.org/articles/en/motor-planning-what-you-need-to-know
  3. THOMSEN, Dana. 5 Activities for Improved Motor Planning [daring]. 2020 [dilihat 4 Agustus 2021]. Tersedia dari: https://napacenter.org/motor-planning/
Kemampuan Perencanaan Motorik

Satu gagasan untuk “Kemampuan Perencanaan Motorik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *