Manfaat Memeluk dan Memberikan Kasih Sayang kepada Anak

Sharing is caring!

Berdasarkan Emily Mudd, Ph.D. dari Cleveland Clinic Children’s, memeluk anak membantu anak mengendalikan emosi dan juga membantu perkembangan otak anak.

Berdasarkan Emily Mudd, Ph.D. dari Cleveland Clinic Children’s, memeluk anak membantu anak mengendalikan emosi dan juga membantu perkembangan otak anak.

“Kita tahu bahwa bahkan sejak kita baru lahir, sentuhan, sentuhan fisik, perhatian, dan pelukan adalah sangat penting bagi regulasi sistem saraf maupun perkembangan otak,” Doktor Mudd mengatakan.

Beliau menyebut bahwa mendapatkan pelukan membantu anak-anak menghadapi stres, yaitu dengan meredakan pelepasan kortisol (hormon stres). Ketika anak sedang mengalami “meltdown” atau stres yang berlebih, Doktor Mudd mengatakan memeluknya dapat membantu menenangkannya.

Beliau juga menyebut bahwa berdasarkan penelitian, anak-anak yang saat usianya masih dini mendapatkan kehangatan dan kasih sayang dari orang tua, cenderung untuk memiliki ketangguhan (dapat segera bangkit ketika mengalami pengalaman buruk), mendapatkan nilai-nilai yang lebih baik, dan memiliki hubungan orang tua-anak yang lebih baik hingga dewasa.

Akan tetapi, apabila anak bukanlah tipe yang suka berpelukan atau menjadi pemalu ketika berkumpul dengan anggota keluarga yang lain, kita tidak boleh memaksanya untuk memberikan pelukan beliau berpendapat.

Doktor Mudd berpandapat bahwa anak itu tidak boleh dipaksa, tetapi harus tetap menunjukkan kasih sayang kepada anggota keluarga yang lain seperti dengan berbagi cerita mengenai pengalamannya yang spesial, melakukan tos, meluangkan waktu lebih, dan pastikan menjelaskan (kondisi sifat pemalu anak ini) terlebih dahulu kepada anggota keluarga yang lain.

Terakhir, Doktor Mudd berpendapat bahwa sekalipun semakin bertambah dewasa anak, semakin berkurang kebutuhan mereka akan perhatian fisik (mis. pelukan), berapapun usia anak, memberi tahu anak bahwa kita ada untuknya tanpa syarat merupakan hal yang penting bagi tumbuh kembang dan kesejahteraan anak.

Sumber

DAILY HEALTH STORIES. How a Hug can Help Your Child [daring]. 2020 [dilihat 16 Oktober 2020]. Tersedia dari: https://newsroom.clevelandclinic.org/2020/01/20/how-a-hug-can-help-your-child/

Manfaat Memeluk dan Memberikan Kasih Sayang kepada Anak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *