Manfaat Seni bagi Tumbuh Kembang Anak

Sharing is caring!

Aktivitas Kesenian
Ada banyak cara aktivitas kesenian dapat membantu tumbuh kembang anak

Sekalipun kebanyakan orang menyukai seni, tampaknya terkadang seni hanya dianggap sebagai hiburan. Padahal, kenyataannya seni bukan hanya sekadar hiburan. Termasuk dalam hal-hal yang lebih pragmatis, ternyata seni juga dapat memiliki peran dalam tumbuh kembang anak. Berikut adalah beberapa cara seni berperan bagi tumbuh kembang anak.

1. Mengasah kemampuan motorik

Mewarnai
Mewarnai melatih kemampuan motorik anak

Ketika anak-anak menggunting, melipat, mewarnai, dsb. dalam berkreasi, mereka sebenarnya juga sedang melatih kemampuan motoriknya. Dalam menggambar misalnya, anak-anak juga melatih ketangkasan dan keterampilan tangannya selain mengasah imajinasinya. Dengan tangannya, anak-anak mengontrol tangannya membuat bentuk-bentuk dan arsiran sesuai imajinasinya.

2. Rasa percaya diri

Anak dengan Gitar
Anak yang lebih banyak melakukan aktivitas kesenian cenderung lebih percaya diri

Sebuah studi baru menunjukkan bahwa anak-anak yang mewarnai, menggambar, bermain musik, atau membaca lebih banyak seringkali memiliki rasa percaya diri yang lebih baik (1). Bahkan, para peneliti dari studi tersebut menemukan bahwa anak-anak tidak perlu menghasilkan karya yang baik terlebih dahulu dalam aktivitas kreatif yang dipilihnya agar efek positif ini muncul.

3. Berpikir kritis dan inovatif

Harmonika
Dengan harmonika misalnya, anak mencoba memahami cara menggunakannya, membayangkan melodi, dan bereksperimen

MaryAnn Kohl—seorang pendidik kesenian dan penulis dari banyak sekali buku tentang edukasi kesenian anak-anak—berpendapat bahwa apabila anak-anak mengeksplorasi, memikirkan, bereksperimen dengan, dan mencoba ide-ide baru, maka kreativitas dapat berkembang menjadi mantap (2). Pengalaman dalam membuat karya seni dapat membantu anak-anak berpikir kritis dan inovatif dalam memecahkan masalah.

4. Kemampuan bahasa

Menggambar Helikopter
Misalnya setelah menggambar helikopter seperti ini, kita bisa meminta anak mendeskripsikan warnanya, bagian-bagiannya, dsb.

Mengajak anak mendiskusikan karya seni ciptaannya entah itu lukisan atau kerajinan tangan dan yang lainnya merupakan sebuah cara yang baik untuk mengembangkan kemampuan bahasa anak (3). Saat mendiskusikannya, anak akan mendeskripsikan karya seninya dalam berbagai aspek seperti warnanya, bentuknya, ukurannya, atau detail-detail lainnya.

Demikian adalah beberapa peran seni bagi tumbuh kembang anak. Melihat manfaat-manfaat yang bisa didapat dari aktivitas seni, maka ada baiknya untuk mempertimbangkan lebih lanjut mengenai aktivitas seni yang dilakukan oleh anak maupun pengintegrasiannya dengan pembelajaran. Semoga bermanfaat.

Referensi

  1. JACOB, Tom. Why the Arts Matter for Kids’ Self-Esteem [daring]. 2019 [dilihat 7 Agustus 2020]. Tersedia dari: https://greatergood.berkeley.edu/article/item/why_the_arts_matter_for_kids_self_esteem
  2.  LYNCH, Grace Hwang. The Importance of Art in Child Development [daring]. 2012 [dilihat 7 Agustus 2020]. Tersedia dari: https://www.pbs.org/parents/thrive/the-importance-of-art-in-child-development
  3. PENNSTATE EXTENSION. Art – an opportunity to develop children’s skills [daring]. 2016 [dilihat 7 Agustus 2020]. Tersedia dari: http://bkc-od-media.vmhost.psu.edu/documents/HO_Art_AnOpportunity.pdf
Manfaat Seni bagi Tumbuh Kembang Anak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *