Memberi Reward kepada Anak

Sharing is caring!

Memberi Reward kepada Anak (1)

Apakah parents ingin mengembangkan suatu perilaku positif pada anak? Apabila iya, maka Anda dapat mencoba salah satu pendekatan untuk mengembangkan perilaku positif pada anak, yaitu pemberian penghargaan (rewarding).

Seorang master dalam psikologi lulusan program Positive Organizational Psychology and Evaluation Claremont Graduate University Courtney Ackerman mengatakan bahwa stimulus yang menyenangkan atau diinginkan setelah sebuah perilaku menjadikan perilaku tersebut lebih memungkinan untuk terulang kembali (1). Ketika seorang anak mendapatkan penghargaan, anak itu menjadi tahu bahwa apa yang dia lakukan adalah suatu kebaikan (2).

Akan tetapi, perlu diingat, ya, parents, kita tetap harus memperhatikan caranya, ya. Misalnya, kita harus tetap selalu memberikan penghargaan berupa pujian dan perhatian di luar materi karena kedua hal tersebut adalah bebas biaya, penting untuk hubungan positif orang tua dengan anak, dan bahkan bisa lebih kuat dibanding pemberian materi (2).

Referensi

  1. ACKERMAN, Courtney. Positive Reinforcement in Psychology (Definition + 5 Examples) [online]. 2019 [dilihat 1 Agustus 2019]. Tersedia dari: https://positivepsychology.com/positive-reinforcement-psychology
  2. CENTERS FOR DISEASE CONTROL AND PREVENTION. Rewards | Consequences | Essentials | Parenting Information | CDC [online]. 2017 [dilihat 1 Agustus 2019]. Tersedia dari: https://www.cdc.gov/parents/essentials/consequences/rewards.html

Media

  1. Joy oleh Jacob Bøtter (CC BY 2.0, https://flic.kr/p/7ShCr)
Memberi Reward kepada Anak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *