Mengapa Anak dengan Autisme Memerlukan Penanganan Dini?

Sharing is caring!

Kita seringkali mendengar bahwa deteksi dan penanganan atau intervensi dini terkait kondisi autisme adalah penting demi tumbuh kembang yang lebih baik. Kali ini mari kita lihat sekilas bukti-bukti yang mendukung alasan tersebut.

Semakin dini deteksi dan invervensi, semakin baik hasilnya

Berdasarkan Howlin (1997) dalam AEIOU Foundation (sebuah organisasi untuk anak-anak dengan autisme di Australia), anak-anak dengan autisme yang mendapatkan intervensi dini yang direkomendasikan, memiliki kesempatan yang lebih besar kelak dalam hidupnya untuk:

  • hidup secara mandiri,
  • mendapatkan pekerjaan, dan
  • mengembangkan persahabatan dan hubungan-hubungan yang bermakna dan bertahan lama.

Selain itu, AEIOU Foundation juga mengabarkan bahwa berdasarkan berbagai penelitian-penelitian lainnya, intervensi dini memberikan perbedaan yang besar yang positif dalam perkembangan anak-anak dengan autisme, meliputi:

  • IQ yang lebih tinggi, dan
  • kemampuan-kemampuan sosial dan keseharian yang lebih tinggi.

ASD Toddler Initiative (sebuah program oleh Frank Porter Graham Child Development Institute di University of North Carolina at Chapel Hill) juga menyampaikan hal yang senada (2). Berdasarkan ASD Toddler Initiative, sejumlah studi mendokumentasikan hasil yang lebih baik bagi anak-anak dengan autisme apabila mendapatkan penanganan yang intensif dan terspesialisasi sedini mungkin.

Juga diterangkan selanjutnya bahwa, sebagian dari studi-studi tersebut mendemonstrasikan peningkatan IQ dan kemampuan bicara yang besar dan juga fungsi yang lebih baik di sekolah dasar bagi anak-anak yang mendapatkan intervensi yang intensif dan dispesialisasi pada usia 3 tahun.

Jadi, tampaklah bahwa anak-anak dengan autisme memang mendapatkan hasil yang lebih baik dengan deteksi dan penanganan dini. Maka dari itu, selain kesadaran akan autisme untuk terus ditingkatkan, kemudahan akses dan sistem dukungan untuk para penyandang autisme juga harus terus diupayakan peningkatannya agar anak-anak dengan autisme terus dapat berkembang dengan lebih baik lagi.

Referensi

  1. AEIOU FOUNDATION. Why is early intervention important? [daring]. Tidak tersedia [dilihat 19 Oktober 2020]. Tersedia dari: https://aeiou.org.au/early-intervention
  2. FRANK PORTER GRAHAM CHILD DEVELOPMENT INSTITUTE. Importance of Early Identification [daring]. Tidak tersedia [dilihat 19 Oktober 2020]. Tersedia dari: https://asdtoddler.fpg.unc.edu/early-identification-autism-spectrum-disorders/early-identifcation-module-menu/early-identificatio-2.html
Mengapa Anak dengan Autisme Memerlukan Penanganan Dini?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *