Mengatasi Anak Picky Eater

Sharing is caring!

Berikut adalah tips menghadapi anak picky eater yang mungkin dapat membantu orang tua.

Picky eater biasanya ada pada anak 2-5 tahun

Orang tua tentu ingin anaknya makan dengan gizi seimbang. Ini karena gizi yang seimbang penting bagi tumbuh kembang yang optimal.

Akan tetapi, anak-anak yang berusia 2-5 tahun suka pilih-pilih makanan. Beberapa penyebabnya berdasarkan Alodokter di antaranya:

  • Pola makan tidak teratur. Kebanyakan anak picky eater pola makannya tidak teratur (mis. lebih sering makan camilan daripada makanan utama) sehingga untuk menghindarinya, susun pola makan teratur (3 waktu makan utama, diselingi 2 kali camilan sehat).
  • Makanan terasa aneh di lidah. Anak lebih sensitif terhadap rasa makanan dan cenderung terbiasa dengan rasa ASI atau susu formula, yaitu gurih dan manis.
  • Makanan disajikan secara membosankan. Berdasarkan studi, sayuran dan buah-buahan yang disajikan dengan menarik dapat sangat meningkatkan selera makan anak.

Lantas, bagaimana orang tua menangani anak picky eater? Dihimpun dari berbagai sumber, berikut adalah tips menangani anak picky eater:

  1. Jangan dimarahi dan bersabar
    Menurut dr. Karin Wiradarma, memarahi anak picky eater malah akan membuat anak makin malas dan takut mencoba makanan baru. Beliau menganjurkan agar orang tua menghadapi anak picky eater dengan lebih sabar. Berdasarkan HealthyChildren, biasanya dibutuhkan 10 atau lebih percobaan sebelum anak menerima makanan baru.
  2. Makan bersama dengan keluarga
    Ajaklah anak untuk makan bersama anggota keluarga. Hendaknya orang tua mencontohkan pola makan yang baik (seperti makan sayur dan buah) sehingga anak akan melihatnya dan akhirnya mengikuti.
  3. Hindarkan distraksi
    Ajarkan anak untuk fokus saat makan. Jangan nyalakan TV atau menggunakan gawai lainnya ketika makan. Iklan yang ada di TV dapat menggoda anak untuk makan makanan yang kurang sehat/bergizi.
  4. Jadilah kreatif
    Bentuk dan susun makanan semenarik mungkin. Padukan makanan yang anak-anak kurang suka rasanya (asam dan pahit) dengan yang anak-anak suka rasanya (manis dan gurih), misalnya, padukan brokoli dengan keju parut. Buat suasana makan menyenangkan dengan menghidangkan makanan dengan tempat makanan favoritnya. Ini adalah beberapa contoh bagaimana kita bisa menggunakan kreativitas kita agar anak mau makan.
  5. Cari teman makan bersama
    Ajak anak makan dengan teman yang menyukai makanan yang tidak disukainya. Hal ini dapat meyakinkan anak kalau makanan yang tidak dia sukai sebenarnya enak dan tidak aneh.
  6. Gunakan “jembatan makanan”
    Apabila satu jenis makanan sudah diterima anak, segera perkenalkan makanan yang memiliki warna, tekstur, dan rasa serupa. Ini dapat membantu anak memperluas variasi makanannya.
  7. Jangan “menyogok” anak
    Sekalipun tampaknya menarik, “menyogok” anak dengan makanan favoritnya justru malah akan merepotkan. Ini malah akan menjadikan makanan “hadiah” lebih menarik dan aktivitas memakan makanan yang ingin kita perkenalkan menjadi pekerjaan yang tidak menyenangkan baginya.

Demikian adalah tips menghadapi anak picky eater. Dengan mengetahui penyebab-penyebab dan juga tips menangani anak picky eater, diharapkan orang tua dapat lebih tenang menghadapinya. Apabila orang tua khawatir terkait diet anak, orang tua dapat berkonsultasi dengan dokter anak untuk memastikan anak mendapatkan semua nutrisi yang dibutuhkannya untuk tumbuh dan berkembang.

Referensi

  1. ANASTASIA, Tamara. 5 Siasat Jitu Mengatasi Anak Picky Eater [daring]. 2019 [dilihat 25 Januari 2021]. Tersedia dari: https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3630181/5-siasat-jitu-mengatasi-anak-picky-eater
  2. HEALTHYCHILDREN. 10 Tips for Parents of Picky Eaters [daring]. 2018 [dilihat 25 Januari 2021]. Tersedia dari: https://www.healthychildren.org/English/ages-stages/toddler/nutrition/Pages/Picky-Eaters.aspx
  3. MAYO CLINIC. Children’s nutrition: 10 tips for picky eaters [daring]. 2020 [dilihat 25 Januari 2021]. Tersedia dari: https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/childrens-health/in-depth/childrens-health/art-20044948
  4. NAREZA, Meva. Bunda, Ini Penyebab dan Tips Menghadapi Anak Picky Eater [daring]. 2020 [dilihat 25 Januari 2021]. Tersedia dari: https://www.alodokter.com/bunda-ini-penyebab-dan-tips-menghadapi-anak-picky-eater

Mengatasi Anak Picky Eater

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *