Mengembangkan Rasa Percaya Diri pada Anak

Sharing is caring!

Anak dengan Topi
Yuk, kita tingkatkan rasa percaya diri pada anak kita!

Rasa percaya diri merupakan salah satu hal penting untuk mencapai kesuksesan bagi seorang anak. Rasa percaya diri sangat berpengaruh terhadap pembelajaran. Sayangnya, karena alasan-alasan tertentu, sebagian anak memiliki rasa percaya diri yang rendah. Akibatnya, mereka takut untuk mencoba hal-hal baru dan/atau mudah menyerah dalam belajar.

Lantas, bagaimana cara mengembangkan rasa percaya diri pada anak? Berikut adalah beberapa tips yang diadaptasi dari KidsHealth (1).

  1. Bantu dirinya menguasai cara menyelesaikan sesuatu.
    Pada tiap tahapan tumbuh kembang, selalu ada kemampuan-kemampuan yang dapat dikuasai. Dengan menguasai sebuah kemampuan, seorang anak akan merasakan kepuasan dan akibatnya menjadi termotivasi untuk terus berkembang.
  2. Jangan mengkritik dengan keras atau kasar.
    Koreksilah anak dengan kesabaran. Jangan melabeli anak dengan sifat-sifat buruk karena itu akan membuatnya merasa demikian. Fokuslah tentang apa yang harus dilakukannya selanjutnya.
  3. Apresiasilah.
    Apresiasilah anak kita, tetapi dengan bijak. Jangan hanya mengapresiasi pencapaian, tetapi juga usaha mereka. Jangan pula memuji mereka, tetapi pujiannya terasa bohong dan kosong seperti, “Hebatnya anakku! Kamu yang paling berprestasi di kelas,” padahal baru saja mendapatkan nilai yang kurang memuaskan.
  4. Berikan anak kesempatan untuk membantu atau memberi.
    Dengan melakukan hal-hal yang dirasa olehnya berguna bagi orang lain, rasa percaya diri dapat berkembang. Salah satunya adalah bisa membantu pekerjaan di rumah (yang sesuai dengan kemampuannya).
  5. Fokus pada kelebihannya.
    Perhatikan apa yang anak kita dapat melakukannya dengan baik dan senang melakukannya. Ini dapat membuat anak kita merasa baik tentang dirinya.
  6. Jadilah contoh yang baik.
    Misalnya dengan tidak suka mengeluh. Dengan menunjukkan sikap suka mengeluh, anak kita juga akan terpengaruhi sebagaimana kita (orang tua) merupakan panutan (role model) utama bagi anak kita.

Referensi

  1. LYNESS, D’Arcy. Your Child’s Self-Esteem [daring]. 2018 [dilihat 6 Februari 2020]. Tersedia dari: https://kidshealth.org/en/parents/self-esteem.html

Media

  1. Foto oleh Виктория Бородинова di Pixabay
Mengembangkan Rasa Percaya Diri pada Anak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *