Pentingnya Fase Babbling

Sharing is caring!

Babbling adalah sebuah fase penting dalam perkembangan bahasa-bicara anak.

Bayi Tersenyum

Berdasarkan Great Ormond Street Hospital, fase babbling, yaitu fase saat bayi gemar mengoceh mengulang-ulang gabungan huruf mati dan huruf hidup seperti “baba”; “mama”; “kaka”; “gaga” secara umum muncul saat bayi tengah berusia 6-12 bulan (1).

Fase ini adalah sebuah tanda bayi mulai memiliki vokalisasi yang lebih presisi daripada bulan-bulan pertama setelah kelahirannya (2).

Fase babbling ini merupakan sebuah fase yang penting dalam perkembangan bahasa dan bicara anak. Sebagai sebuah milestone perkembangan bicara, keterlambatan pada babbling dapat merupakan sebuah indikasi dari permasalahan-permasalahan seperti gangguan pendengaran, gangguan bahasa ekspresif, atau sebab yang mendasari speech delay (terlambat bicara) lainnya (3).

Orang tua juga harus aktif menyambut fase ini dengan sering mengajak bayi berkomunikasi sehingga memicu babbling yang mana dapat membantu membangun kemampuan bicara anak ke depannya.

Mengingat pentingnya perkembangan bahasa-bicara anak, konsultasikanlah dengan dokter apabila Anda memiliki kekhawatiran terkait perkembangan bahasa-bicara anak Anda agar apabila ternyata ada kelainan, dapat segera diberikan penanganan yang tepat.

Jangan menunggu nanti untuk urusan tumbuh kembang anak Anda terutama sejak kehamilan hingga usia 2 tahun yang mana merupakan “masa emas” (4). Berikanlah yang terbaik untuk anak Anda.

Media

  1. Foto oleh Виктория Бородинова dari Pixabay

Referensi

  1. GREAT ORMOND STREET HOSPITAL. Speech and language development from birth to 12 months [daring]. 2016 [dilihat 30 Januari 2020]. Tersedia dari: https://www.gosh.nhs.uk/medical-information-0/procedures-and-treatments/speech-and-language-development-birth-12-months
  2. GOLDSTEIN dan SCHWADE. Early babbling [daring]. 2008 [dilihat 30 Januari 2020]. Tersedia dari: http://beforefirstwords.upf.edu/precursors-of-language/early-babbling/
  3. LAULE, Sara. Speech and Language Development [daring]. 2017 [dilihat 30 Januari 2020]. Tersedia dari: https://www.mottchildren.org/posts/your-child/speech-and-language-development
  4. KEMENTRIAN KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA. Keluarga Sadar Gizi, Indonesia Sehat dan Produktif [daring]. 2019 [dilihat 30 Januari 2020]. Tersedia dari: https://kominfo.go.id/index.php/content/detail/16047/keluarga-sadar-gizi-indonesia-sehat-dan-produktif/0/artikel_gpr
Pentingnya Fase Babbling

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *