Perbedaan Tantrum dan Meltdown

Sharing is caring!

Perbedaan Tantrum dan Meltdown (1)

Serupa, tapi tak sama. Sekalipun tantrum dan meltdown tampak serupa, tetapi kedua hal tersebut sebenarnya berbeda.

Apa itu tantrum? Tantrum adalah luapan yang terjadi ketika anak menginginkan sesuatu. Biasanya anak akan berhenti tantrum apabila dia sudah mendapatkan apa yang dia inginkan atau merasa bahwa usahanya tersebut tidak akan membuahkan hasil.

Apa itu meltdown? Meltdown adalah reaksi yang diberikan oleh anak akibat kewalahan oleh input sensorik yang berlebih. Misalnya, seorang anak dapat mengalami meltdown karena tidak tahan dengan kebisingan di arena bermain.

Oleh karena penyebabnya berbeda, maka penanganannya, pun, berbeda. Jangan mudah menyerah kepada anak yang sedang tantrum. Berikan anak pemahaman bahwa Anda mengerti apa yang dia inginkan dan bantu juga dirinya mengetahui bahwa ada perilaku yang lebih pantas untuk menyampaikan keinginan.

Untuk anak yang sedang meltdown, jauhkan anak dari sumber kewalahannya (cari tempat yang aman dan sunyi). Berikan mereka ketenangan dengan tujuan mengurangi input yang masuk.

Sumber

  1. MORIN, Amanda. The Difference Between Tantrums and Meltdowns [online]. Tidak tersedia [dilihat 15 November 2019]. Tersedia dari: https://www.understood.org/…/the-difference-between-tantrum…

Media

  1. Foto: 2006_05.28 Isaac tantrum oleh Christine Szeto (CC BY 2.0, https://flic.kr/p/gdW2F) dengan modifikasi crop
Perbedaan Tantrum dan Meltdown

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *