Permasalahan-Permasalahan Komunikasi pada Anak-Anak dengan ASD

Sharing is caring!

Permasalahan-Permasalahan Komunikasi pada Anak dengan ASD

Anak-anak dengan ASD (autism spectrum disorder) seringkali memiliki permasalahan komunikasi. Menurut National Institute on Deafness and Other Communication Disorders (NIDCD), permasalahan-permasalahan itu di antaranya: bahasa yang rigid (kaku) atau repetitif (berulang-ulang), ketertarikan yang sempit atau terbatas, perkembangan bahasa yang tidak merata, dan kemampuan komunikasi nonverbal yang buruk.

Bahasa yang rigid atau repetitif

Seringkali, anak-anak dengan ASD yang dapat berbicara mengucapkan kata-kata yang tidak ada maknanya atau tidak berhubungan dengan konteks yang sedang dibicarakan. Sebagian anak-anak dengan ASD mungkin menggunakan “frasa stok” seperti mengucapkan, “Nama saya Tom,” sekalipun saat berbicara dengan teman-teman atau keluarganya atau mengulangi perkataan yang didengarnya secara berulang-ulang.

Ketertarikan yang sempit atau terbatas

Beberapa anak dengan ASD dapat menjelaskan suatu topik yang menarik baginya dengan sangat detail sekalipun mereka mungkin tidak dapat melakukan percakapan dua arah dengan topik yang masih sama.

Perkembangan bahasa yang tidak merata

Banyak anak dengan ASD dapat mengembangkan beberapa kemampuan bicara dan bahasa, tetapi tidak sampai level yang normal dan biasanya perkembangannya tidak merata. Sebagai contoh, beberapa anak mungkin dapat membaca kata-kata sebelum 5 tahun, tetapi tidak memahami apa yang baru saja dibaca olehnya.

Kemampuan komunikasi nonverbal yang buruk

Anak-anak dengan ASD seringkali tidak dapat menggunakan bahasa tubuh. Misalnya, menggunakan telunjuknya untuk menunjuk. Mereka juga seringkali menghindari kontak mata yang dapat menyebabkan mereka dinilai tidak sopan, tidak peduli, atau tidak memerhatikan.

Demikian permasalahan-permasalahan komunikasi pada anak-anak dengan ASD sebagaimana dijelaskan oleh NIDCD.

Sumber
1. NATIONAL INSTITUTE OF DEAFNESS AND OTHER COMMUNICATION DISORDERS. Communication Problems in Children with Autism Spectrum Disorder [online]. 2012 [dilihat 3 Januari 2020]. Tersedia dari: https://www.nidcd.nih.gov/sites/default/files/Documents/health/voice/NIDCD-Communication-Problems-in-Children-with-Autism-FS_0.pdf

Permasalahan-Permasalahan Komunikasi pada Anak-Anak dengan ASD

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *