Sarapan Dapat Mencegah Anak dari Obesitas

Sharing is caring!

Sarapan dapat mengurangi resiko obesitas pada anak

Sebuah studi oleh Okada, et al. menunjukkan bahwa anak-anak yang meninggalkan sarapan memiliki resiko kelebihan berat badan/obesitas pada masa kanak-kanak yang meningkat secara signifikan. (1)

Mengapa hal ini dapat terjadi?

Berdasarkan KidsHealth, sarapan penting dalam memulai proses metabolisme tubuh anak. Ketika metabolisme berjalan, saat itu tubuh mulai membakar kalori. Selain itu, mereka yang tidak sarapan cenderung merasa sangat lapar pada siang hari sehingga berakibat makan berlebih atau makan makanan yang kalorinya terlalu banyak. (2, 3)

Akan tetapi, perlu diingat, ya, parents. Pilihlah menu sarapan yang baik bagi anak, yaitu yang mengandung gizi seimbang yang mencakup karbohidrat, protein, dan serat. (4)

Selain itu, utamakan menyajikan makanan yang dimasak sendiri di rumah karena relatif lebih sehat dibandingkan yang dibeli di luar. (5, 6)

Referensi

  1. OKADA, Chika, et al. Association between skipping breakfast in parents and children and childhood overweight/obesity among children: a nationwide 10.5-year prospective study in Japan. International journal of obesity. [daring]. 42 (10), 2018, 1724-1732 [dilihat 7 September 2020]. DOI: 10.1038/s41366-018-0066-5. Tersedia dari: https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/29686380/
  2. GAVIN, Mary L. Brekfast Basics (for Parents) [daring]. 2015 [dilihat 7 September 2020]. Tersedia dari: https://kidshealth.org/en/parents/breakfast.html
  3. QUAMILA, Ajeng. 6 Makanan Paling Sehat untuk Sarapan [daring]. 2020 [dilihat 7 September 2020]. Tersedia dari: https://hellosehat.com/hidup-sehat/nutrisi/6-makanan-terbaik-untuk-sarapan/
  4. ALODOKTER. Panduan Membuat Sarapan Sehat Nan Praktis Untuk Anak [daring]. 2018 [dilihat 7 September 2020]. Tersedia dari: https://www.alodokter.com/panduan-membuat-sarapan-sehat-nan-praktis-untuk-anak
  5. HARVARD HEALTH PUBLISHING. 4 ways to boost your energy naturally with breakfast [daring].Tersedia dari: https://www.health.harvard.edu/staying-healthy/4-ways-to-boost-your-energy-naturally-with-breakfast
  6. ALODOKTER. Kelebihan Masakan Rumah Dibanding Masakan Restoran dari Sisi Kesehatan [daring]. 2018 [dilihat 7 September 2020]. Tersedia dari: https://www.alodokter.com/kelebihan-masakan-rumah-dibanding-masakan-restoran-dari-sisi-kesehatan
Sarapan Dapat Mencegah Anak dari Obesitas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *