Intervensi Dini: Apa dan Mengapa

Intervensi dini adalah….

Tentu orang tua menginginkan tumbuh kembang anak yang optimal. Akan tetapi, bukanlah tidak mungkin bagi seorang anak untuk memiliki keterlambatan dalam perkembangannya atau disabilitas.

Maka dari itu, sebagian anak memerlukan apa yang disebut sebagai intervensi dini. Anak-anak yang memiliki keterlambatan dalam tumbuh kembangnya atau disabilitas memerlukannya agar dapat tumbuh dan berkembang dengan lebih optimal.

Ilustrasi terapi untuk anak sebagai salah satu bentuk intervensi dini
Terapi untuk anak sebagai salah satu bentuk intervensi dini

Definisi intervensi dini

Berdasarkan CDC, intervensi dini adalah layanan-layanan dan dukungan-dukungan yang tersedia untuk bayi dan anak kecil dengan keterlambatan perkembangan dan disabilitas dan keluarganya. Intervensi dini ini dapat memberikan dampak yang signifikan terhadap kemampuan anak untuk mempelajari kemampuan-kemampuan baru dan menghadapi tantangan-tantangan dan meningkatkan kesuksesan di sekolah dan kehidupan.

Berikut adalah aspek-aspek yang difokuskan dalam intervensi dini:

  • kemampuan fisik (meraih, merangkak, berjalan, menggambar),
  • kemampuan kognitif (berpikir, belajar, memecahkan masalah),
  • kemampuan komunikasi (berbicara, mendengarkan, memahami yang lain),
  • kemampuan bantu diri/kemampuan adaptif (makan, berpakaian), dan
  • sosial/emosional (bermain, berinteraksi dengan yang lain).

Layanan-layanan untuk intervensi dini bisa dalam bentuk:

  • terapi bahasa dan bicara,
  • terapi okupasi,
  • fisioterapi,
  • layanan psikologis,
  • layanan pendengaran atau penglihatan,
  • home visit,
  • layanan medis, keperawatan, atau nutrisi,
  • teknologi pembantu, dsb.

Mengapa diberikan dini?

Semakin dini intervensi diberikan, semakin baik hasil yang didapat. Dalam The National Early Childhood Technical Assistance Center (2011), The Center on the Developing Child di Harvard University merangkum pentingnya pengalaman-pengalaman pada usia dini bagi perkembangan otak:

  • sirkuit-sirkuit saraf yang membentuk fondasi untuk pembelajaran, perilaku, dan kesehatan paling bisa dibentuk adalah pada masa 3 tahun pertama kehidupan dan semakin lama semakin sulit dibentuk,
  • stres yang berkepanjangan seperti kemiskinan yang parah, perlakuan kejam, dan penelantaran atau depresi keibuan dapat merusak otak anak yang sedang berkembang yang mengarahkan pada permasalahan sepanjang hidup terkait pembelajaran, perilaku, dan kesehatan fisik dan mental,
  • otak diperkuat dengan pengalaman-pengalaman positif dini terutama hubungan yang stabil dengan orang-orang dewasa yang peduli dan responsif, lingkungan yang aman dan mendukung, dan nutrisi yang tepat,
  • perkembangan sosial/emosional dan kesehatan fisik dini merupakan fondasi bagi kemampuan-kemampuan kognitif dan bahasa,
  • layanan-layanan intervensi dini yang berkualitas tinggi dapat mengubah jalur perkembangan seorang anak dan memperbaiki keluaran/ouput bagi anak, keluarga, dan komunitas, dan
  • intervensi kemungkinan lebih efektif dan lebih murah ketika disediakan pada masa-masa dini kehidupan dibandingkan nanti.

Dengan demikian, intervensi dini adalah seperangkat layanan yang diberikan bagi anak-anak usia dini yang memiliki keterlambatan perkembangan atau disabilitas agar anak dapat tumbuh dan berkembang dengan lebih optimal. Intervensi ini semakin dini diberikan, semakin baik hasilnya.

Baca juga: Red Flags Perkembangan pada Anak.

Referensi

  1. Centers for Disease Control and Prevention. “What is ‘Early Intervention’?” Centers for Disease Control and Prevention, 9 Agustus 2022, https://www.cdc.gov/ncbddd/actearly/parents/states.html.
  2. Centers for Disease Control and Prevention. “Why Act Early if You’re Concerned about Development?” Centers for Disease Control and Prevention, 10 Agustus 2022, https://www.cdc.gov/ncbddd/actearly/whyActEarly.html.
  3. Goode, Sue, dkk. “The Importance of Early Intervention for Infants and Toddlers with Disabilities and their Families.” The National Early Childhood Technical Assistance Center, Juli 2011, https://ectacenter.org/~pdfs/pubs/importanceofearlyintervention.pdf.
  4. Morin, Amanda. “What is early intervention?” Understood, https://www.understood.org/en/articles/early-intervention-what-it-is-and-how-it-works.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *