Apakah Anak Autis Nonverbal Akan Bisa Bicara?

Sharing is caring!

Berdasarkan pemberitaan Autism Speaks, berdasarkan penelitian oleh Ericka L. Wodka, dkk. (2013) dalam jurnal Pedriatics, banyak dari anak-anak autis nonverbal akhirnya bisa bicara.

Kira-kira seberapa banyak, sih, dari anak-anak autis nonverbal yang akhirnya bisa bicara? Sebuah sumber, yaitu Autism Speaks membahas sebuah penelitian yang mungkin dapat menjawab pertanyaan ini.

Penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan di Center for Autism and Related Disorders di Baltimore meneliti informasi dari 535 anak, berusia 8 s.d. 17 tahun, didiagnosa autisme, dan dengan keterlambatan bahasa yang parah pada usia 4 tahun. Pada usia 4, perkembangan bahasa mereka adalah mulai dari tidak bisa bicara sama sekali sampai menggunakan kata-kata tunggal atau frasa-frasa tanpa kata kerja.

Hasilnya adalah, peneliti menemukan bahwa kebanyakan dari anak-anak ini akhirnya memperoleh kemampuan bahasa. Mendekati setengah (47%) dapat berbicara dengan lancar. Lebih dari dua per tiga (70%) dapat berbicara menggunakan frasa-frasa sederhana.

Peneliti juga menemukan fakta lainnya, yaitu kebanyakan anak yang akhirnya bisa bicara memiliki IQ yang lebih tinggi (dinilai dengan tes-tes nonverbal) dan gangguan-gangguan sosial yang lebih rendah. Ditemukan juga bahwa ternyata tingkat perilaku-perilaku repetitif dan ketertarikan yang terbatas tidak berpengaruh terhadap perkembangan bahasa anak.

Ketua Sains Autism Speaks Geraldine Dawson, Ph.D. berpendapat bahwa penelitian ini memberikan harapan bagi para orang tua yang anaknya memiliki keterlambatan bicara bahwa anak-anak mereka akan memperoleh kemampuan bicara di sekolah dasar atau bahkan saat remaja.

Beliau juga menambahkan, “Dengan menekankan pada prediktor-prediktor penting dalam perolehan bahasa – terutama peran kemampuan kognitif dan sosial nonverbal – ini juga menunjukkan bahwa menargetkan area-area ini dalam intervensi dini akan membantu meningkatkan (kemampuan) bahasa.”

Jadi, ternyata banyak, ya, dari anak-anak autis yang memiliki keterlambatan perkembangan bahasa yang parah akhirnya memperoleh kemampuan bahasa. Kalau begitu, tetap semangat, ya, parents!

Semoga bermanfaat.

Sumber

AUTISM SPEAKS. Study shows that many nonverbal autistic children overcome severe language delays [daring]. 2013 [dilihat 3 September 2021]. Tersedia dari: https://www.autismspeaks.org/science-news/nonverbal-child-autism-language-delays

Apakah Anak Autis Nonverbal Akan Bisa Bicara?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *