Bayi Suka Memasukkan Benda-Benda ke Mulutnya

Sharing is caring!

Mengapa bayi suka memasukkan benda ke mulutnya?

Bayi memang suka memasukkan benda-benda ke dalam mulutnya dan ini membuat orang tua harus memberikan perhatian guna memastikan bayi tidak memasukkan benda-benda berbahaya. Kebiasaan bayi yang suka mengambil benda-benda dan memasukannya ke mulut ini dapat memberikan bahaya bagi bayi dalam berbagai cara seperti:

  • tersedak (mis. akibat menelan mainan plastik kecil),
  • keracunan (spt. akibat menelan zat berbahaya),
  • terbakar (mis. akibat memegang benda panas), dan
  • tercekik (mis. akibat bermain dengan tali).

Terlepas dari bahayanya, ada beberapa alasan mengenai mengapa bayi suka memasukkan benda ke mulutnya. Setidaknya 3 di antaranya adalah:

1. Mereka mengeksplorasi dunia

Dengan memasukkan benda-benda ke mulutnya, seorang bayi merasakan tekstur benda-benda. Pada bibir dan mulut bayi terdapat banyak saraf-saraf sensori yang dapat menjadikan bayi merasakan tekstur dari benda-benda dengan baik.

Mengapa tidak mengeksplorasi menggunakan tangannya saja? Ini karena tangan-tangan dan jari-jari bayi belum cukup berkembang untuk menepuk, meremas, atau mengusap sesuatu.

2. Sedang tumbuh gigi

Bayi yang sedang tumbuh giginya merasakan rasa tidak nyaman (gatal) pada gusinya. Akibatnya, bayi menggigit-gigit benda-benda untuk mengontrol rasa tidak nyaman pada gusinya itu.

Apabila orang tua melihat berdasarkan ciri-cirinya tampak bayi sedang tumbuh gigi, orang tua dapat memberikan teether untuk bayi. Teether adalah mainan khusus yang dapat digigit bayi guna mengurangi rasa gatal dan tidak nyaman akibat gigi tumbuh.

3. Menenangkan dirinya

Aktivitas mengisap atau menggigit dapat juga dilakukan untuk menenangkan diri bagi bayi. Mereka mungkin akan melakukannya ketika merasa lapar, takut, jengkel, mengantuk, atau tidak nyaman.

Mereka juga bisa mengisap-ngisap ibu jari atau tangannya untuk menenangkan dirinya.

Demikian bahasan singkat mengenai beberapa alasan bayi suka memasukkan benda-benda ke mulutnya. Kebiasaan ini tentu perlu untuk kita waspadai agar bayi terhindar dari resiko-resikoo yang dapat membahayakan dirinya. Akan tetapi, kebiasaan ini normal dan dapat disebabkan oleh beberapa alasan.

Referensi

  1. ADRIAN, Kevin. Seperti Ini Ciri-Ciri Bayi Tumbuh Gigi [daring]. 2020 [dilihat 30 Maret 2021]. Tersedia dari: https://www.alodokter.com/seperti-ini-ciri-ciri-bayi-tumbuh-gigi
  2. IFTIKHAR, Noren. Baby Mouthing — AKA Why Do Babies Put Everything in Their Mouths? [daring]. 2020 [dilihat 30 Maret 2021]. Tersedia dari: https://www.healthline.com/health/baby/baby-mouthing
Bayi Suka Memasukkan Benda-Benda ke Mulutnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *