Berenang, Kebugaran, dan Performa Akademik

Sharing is caring!

Berenang, Kebugaran, dan Performa Akademik (1)

Aktivitas berenang merupakan aktivitas yang menyenangkan bagi banyak anak. Akan tetapi, selain menyenangkan, aktivitas berenang ini juga bermanfaat, loh! Oleh karena itu, yuk, kita bahas sebagian manfaat dari aktivitas ini!
Dari berbagai manfaat aktivitas berenang, berenang:

  • melatih koordinasi kaki dan tangan;
  • meningkatkan perencanaan gerak.

Dengan kemampuan koordinasi kaki dan tangan dan perencanaan gerak yang baik, seorang anak memiliki kemampuan untuk lebih aktif secara fisik. Aktivitas fisik yang cukup membuat kebugaran fisik seseorang menjadi lebih baik. Berdasarkan studi yang mempelajari catatan tes 254.743 pelajar kelas 3-11 yang dikumpulkan oleh 13 distrik sekolah Texas (1), kebugaran berhubungan kuat dan signifikan dengan performa akademik.
Dari sini dapat kita simpulkan bahwa pada umumnya berenang merupakan sebuah aktivitas fisik yang dapat bermanfaat tidak hanya untuk rekreasi, tetapi juga untuk kebugaran yang dari situ dapat membantu performa akademik. Maka dari itu, masukkanlah aktivitas berenang ke dalam daftar aktivitas yang patut dipertimbangkan untuk dilakukan oleh anak Anda.
Referensi

  1. Van Dusen, D.P., Kelder, S.H., Kohl, H.W., III, Ranjit, N. and Perry, C.L. (2011), Associations of Physical Fitness and Academic Performance Among Schoolchildren. Journal of School Health, 81: 733-740. doi:10.1111/j.1746-1561.2011.00652.x

Media

  1. Foto: LEGOLAND® Florida Water Park oleh VisitCentralFL (CC BY 2.0, https://flic.kr/p/doD87G) dengan modifikasi crop
Berenang, Kebugaran, dan Performa Akademik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *