Cara Mendukung Perkembangan Bahasa Bayi

Sharing is caring!

Bagaimana cara mendukung perkembangan bahasa bayi?

Membacakan bayi buku bergambar bisa membantu perkembangan bahasanya.

Hello, parents! Usia dini merupakan usia kritis perkembangan anak. Maka dari itu, penting bagi parents untuk memperhatikan betul-betul kebutuhan anak untuk berkembang (jangan sampai parenting yang parents lakukan malah menghambat perkembangan anak). Ini juga termasuk aktivitas-aktivitas apa saja yang bisa mendukung perkembangan bahasanya.

Lantas, aktivitas-aktivitas seperti apa yang bisa mendukung perkembangan bahasa pada anak-anak yang masih dini usianya? Berikut adalah aktivitas-aktivitas yang direkomendasikan Asosiasi Bicara-Bahasa-Pendengaran Amerika untuk anak bayi hingga berusia 2 tahun.

Cara mendukung perkembangan bahasa bayi

Aktivitas-aktivitas berikut bisa membantu anak memahami dan menggunakan kata-kata:

  1. Ucapkan “ma,” “ba,” “da,” atau semacamnya dan dorong bayi untuk mengucapkannya kembali kepada kita.
  2. Lihatlah pada bayi ketika bayi membuat suara-suara. Berbicaralah balik kepada bayi dan katakan apa yang bayi katakan.
  3. Responlah ketika bayi tertawa atau berekspresi. Tirulah kembali wajahnya.
  4. Ajari bayi untuk melakukan apa yang kita lakukan spt. menepuk tangan atau bermain ciluk-ba.
  5. Berbicaralah kepada bayi ketika memandikannya, menyuapinya, dan memakaikannya pakaian. Deskripsikan aktivitas yang dilakukan kepada bayi.
  6. Tunjukkanlah warna-warna dan bentuk-bentuk (spt. bulat, kotak, segitiga).
  7. Hitunglah apa yang Anda lihat.
  8. Gunakan isyarat spt. melambaikan tangan dan menunjuk.
  9. Bicarakan tentang suara-suara binatang. “Anjing itu berkata ‘Guk! Guk!'”
  10. Lanjutkan perkataan bayi. Ketika bayi berkata, “Mama,” katakan, “Mama di sini. Mama sayang kamu. Di mana bayi? Bayi ada di sini.”
  11. Bacakan anak buku yang banyak gambarnya. Bicarakan dengan anak tentang gambar-gambarnya. Ajak anak untuk menyebut nama atau menunjuk benda-benda pada gambar.

Kira-kira, aktivitas apa saja yang sudah parents lakukan dengan bayi yang bisa bermanfaat bagi perkembangan bahasanya? Apakah parents senang mengajak bayi berbicara?

Demikian bahasan singkat mengenai cara mendukung perkembangan bahasa bayi melalui aktivitas-aktivitas yang bisa dilakukan dengannya. Semoga bermanfaat.

Sumber

AMERICAN SPECH-LANGUAGE-HEARING ASSOCIATION. Activities to Encourage Speech and Language Development [daring]. Tidak tersedia [dilihat 13 Desember 2021]. Tersedia dari: https://www.asha.org/public/speech/development/activities-to-encourage-speech-and-language-development/

Cara Mendukung Perkembangan Bahasa Bayi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *