Keterikatan yang Mulai Terbentuk pada Bayi

Sharing is caring!

Bayi dan Orang Tua
Terbentuknya keterikatan yang sehat justru ditandai dengan rasa takut bayi terhadap orang asing

Apabila anak menjadi takut dengan orang asing saat sudah berusia 1 tahun, jangan khawatir. Ini merupakan sebuah fenomena yang normal. (1) Fenomena ini justru menunjukkan bahwa anak sudah mulai mengembangkan keterikatan yang baik dengan orang-orang yang biasa ada di lingkungannya (2). Dalam hal ini, biasanya terutama adalah dengan kedua orang tuanya.

Lalu, apa yang harus kita ketahui terkait terbentuknya keterikatan ini? Salah satunya adalah fakta bahwa keterikatan yang baik antara orang tua dan anak ini merupakan hal yang penting bagi tumbuh kembang anak.

Dengan perhatian dan kasih sayang yang diberikan oleh orang tua kepada anak, anak akan merasa aman, terjamin, dan disayangi. Perasaan aman, terjamin, dan disayangi ini membuat seorang anak lebih percaya diri dalam mengeksplorasi dunia sekelilingnya sehingga anak dapat belajar dan mengembangkan komunikasi, perilaku, kemampuan sosial, kemampuan fisik, dsb. dengan lebih baik. (3)

Maka dari itu, demi tumbuh kembang yang baik, bangun dan jagalah keterikatan yang baik dengan anak kita. Penuhilah kebutuhannya, bermainlah dengannya, ajaklah berbicara, tersenyumlah kepadanya, berikanlah dirinya pelukan, berilah dirinya perhatian yang tulus, dsb.

Referensi

  1. Buku Kesehatan Ibu & Anak RSCM Kiara. Jakarta: Kementerian Kesehatan dan JICA (Japan International Cooperation Agency), 1997. 392.198.2 Ind. b.
  2. GOVERNMENT OF SINGAPORE. FEAR OF STRANGERS: BABIES AND YOUNG CHILDREN [daring]. 2018 [dilihat 24 Juli 2020]. Tersedia dari: https://www.babybonus.msf.gov.sg/parentingresources/web/Toddlers/ToddlersSocialising/ToddlersFear/Toddlers_Fear_Strangers
  3. RAISING CHILDREN NETWORK. Bonding and attachment: babies [daring]. 2018 [dilihat 24 Juli 2020]. Tersedia dari: https://raisingchildren.net.au/babies/connecting-communicating/bonding/bonding-babies
Keterikatan yang Mulai Terbentuk pada Bayi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *