Pengelompokan Retardasi Mental Berdasarkan Taraf Inteligensi

Sharing is caring!

Pengelompokan Retardasi Mental Berdasarkan Taraf Inteligensi

Retardasi mental (mental retardation atau MR) memiliki tingkatan-tingkatan berdasarkan taraf inteligensinya. Mengenali tingkatan retardasi mental dapat membantu kita dengan menjadikan kita mengetahui apa yang dapat kita harapkan dari tiap-tiap individu dengan retardasi mental.

Retardasi mental ada 3 kategori, yaitu:

  1. Taraf inteligensi debil (IQ 50-70)
    Anak-anak dengan taraf ini mampu diajarkan untuk mengurus diri (ADL). Sekalipun lambat, dapat diajarkan membaca, menulis, dan berhitung. Mereka dapat membantu pekerjaan yang tidak begitu menuntut untuk berpikir seperti membawakan barang, membersihkan rumah, dan berbagai macam keterampilan praktis. Tidak terdapat kesulitan bicara pada taraf ini.
  2. Taraf inteligensi embicil (IQ 25-50)
    Pada taraf ini, anak masih dapat diajarkan mengurus diri (ADL) sekalipun terbatas. Pada taraf ini, hanya sebagian kecil saja yang bisa diajarkan baca-tulis dan pekerjaan keterampilan praktis dan proses belajarnya pun sangat lambat. Anak pada taraf ini memiliki fungsi bicara yang terganggu sehingga harus diajar secara sabar.
  3. Taraf inteligensi idiot (IQ <25)
    Anak-anak dengan taraf inteligensi idiot tidak dapat dilatih untuk memenuhi kebutuhan fisiologis dan tidak mampu merawat dirinya sendiri. Selain itu, mereka juga tidak mampu melindungi diri terhadap bahaya sehingga harus selalu dijaga dan diawasi. Ciri-ciri lainnya adalah mereka mudah terjatuh, suka memakan benda apa saja yang ada di tangannya, dan mengompol baik siang maupun malam. Jadi, harus dirawat dengan bantuan maksimum.

Demikian penjelasan mengenai tingkatan-tingkatan retardasi mental menurut taraf inteligensinya. Semoga informasi ini bermanfaat.

Narasumber: DR. Elisabeth Tri Astuti, M.Psi. Psikolog

Pengelompokan Retardasi Mental Berdasarkan Taraf Inteligensi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *