Penggunaan Baby Walker Tidak Direkomendasikan

Sharing is caring!

Mengapa baby walker tidak direkomendasikan?

Baby walker adalah sebuah alat atau mainan yang dibuat untuk bayi. Bayi ditempatkan duduk pada baby walker dan dengannya bisa berpindah-pindah tempat dengan menggerakkan kakinya.

Mungkin sekilas, tampak baby walker ini aman dan bisa membantu anak belajar berjalan. Akan tetapi, baby walker ini ternyata tidak hanya berbahaya, tetapi juga tidak membantu dan bahkan dapat menghambat perkembangan berjalan anak.

Di Kanada, penjualan baby walker ini dilarang. Akademi Pediatri Amerika juga mendesak para orang tua agar tidak menggunakan baby walker.

Baby walker dilarang atau tidak dianjurkan karena dapat melukai anak yang menggunakannya. Anak-anak dengan baby walker bisa:

  • tersandung dan terjatuh,
  • berguling menuruni tangga, dan
  • berpindah ke tempat yang berbahaya (yang tanpa baby walker ini sulit dicapainya).

Penelitian juga menunjukkan bahwa baby walker tidak membantu proses belajar berjalan anak. Malahan, baby walker dinilai dapat memperlambat perkembangan kemampuan berjalan anak.

Berdasarkan Dokter Devia dalam Klikdokter, kenyamanan yang membuat anak mudah bergerak dan berpindah tempat dengan baby walker malah akan membuat anak malas untuk belajar berjalan sendiri tanpa bantuan. Selain itu, penggunaan baby walker mencegah anak belajar keseimbangan karena ia tak melihat kakinya.

Berdasarkan Harvard Health, anak belajar berjalan lebih banyak dengan menarik benda (mis. sofa atau pengasuh) agar bisa berdiri, kemudian menjaga keseimbangan, dan mengambil langkah tanpa bantuan daripada sekadar menggunakan kakinya seperti saat menggunakan baby walker.

Maka dari itu, dilihat baik dari segi keamanan maupun tumbuh kembang, baby walker tidaklah baik sehingga tidak dianjurkan. Lebih baik bagi bayi belajar berjalan tanpa baby walker.

Referensi

  1. HOECKER, Jay L. Are baby walkers safe? [daring]. 2019 [dilihat 21 Mei 2021]. Tersedia dari: https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/infant-and-toddler-health/expert-answers/baby-walkers/faq-20058263
  2. MCCARTHY, Claire. Parents: Don’t use a baby walker [daring]. 2018 [dilihat 21 Mei 2021]. Tersedia dari: https://www.health.harvard.edu/blog/parents-dont-use-a-baby-walker-2018092714895
  3. PUTRI, Devia Irine. Perlukah Baby Walker untuk Melatih Anak Berjalan? [daring]. 2021 [dilihat 21 Mei 2021]. Tersedia dari: https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3620428/perlukah-baby-walker-untuk-melatih-anak-berjalan
Penggunaan Baby Walker Tidak Direkomendasikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *