Penyebab Umum Anak Sulit Mengikuti Instruksi

Sharing is caring!

Apakah penyebab umum anak sulit mengikuti arahan atau instruksi?

Sebagian anak mungkin memiliki kesulitan dalam mengikuti arahan yang kita berikan padahal kita merasa arahan yang kita berikan sudah cukup jelas. Ketahuilah bahwa gagalnya anak mengikuti arahan kita ini bisa jadi apalagi kalau sering bukanlah karena anak tidak menghormati kita.

Lantas, di mana masalahnya? Salah satu permasalahan yang umum yang bisa menjadi penyebab anak sulit mengikuti instruksi atau arahan adalah anak memiliki kemampuan eksekutif yang lemah.

Mengenai kemampuan eksekutif

Apa itu kemampuan eksekutif? Kemampuan eksekutif adalah sekelompok kemampuan yang berguna untuk menyelesaikan tugas-tugas. Kemampuan eksekutif ini meliputi di antaranya: memori, atensi (kemampuan menjaga perhatian/fokus), dan perencanaan.

Anak mungkin mengalami kesulitan ketika harus mengingat kembali apa yang baru saja didengarnya. Mungkin juga tidak bisa mengikuti arahan dengan baik karena dirinya tidak bisa menjaga perhatian/fokusnya pada perkataan kita (misalnya, akibat terdistraksi suara iklan di TV). Mungkin juga anak tidak bisa memastikan langkah-langkah yang harus dikerjakan dalam sebuah tugas.

Kelemahan dalam kemampuan eksekutif ini erat kaitannya dengan ADHD. Mengapa? Sebab sebagian besar dari gejala-gejala ADHD berkaitan dengan permasalahan pada fungsi eksekutif. Kendati demikian, berdasarkan Understood, permasalahan eksekutif bukan hanya permasalahan bagi anak yang memiliki ADHD (tidak bisa disamakan).

Selain karena kemampuan eksekutif, bagi sebagian anak sulit mengikuti arahan juga bisa disebabkan oleh kecepatan pemrosesan yang lambat. Anak bisa lambat menerima, mencerna, dan merespon informasi dalam bentuk visual (seperti huruf-huruf dan angka-angka) atau auditori (seperti bahasa yang diucap).

Berdasarkan Understood, banyak ahli percaya bahwa kecepatan pemrosesan yang lambat berkaitan dengan kelainan pada otak. Akan tetapi, lambatnya kecepatan pemrosesan tidak berkaitan dengan kecerdasan seseorang. Banyak orang-orang yang cerdas memproses informasi dengan lambat.

Demikian bahasan singkat mengenai penyebab umum mengapa anak sulit mengikuti instruksi. Apakah dengan membaca artikel ini Anda mendapatkan petunjuk mengenai mengapa anak Anda tidak cakap dalam mengikuti instruksi?

Apabila memang anak tidak bisa mengikuti arahan dengan baik sehingga mengganggu kehidupan sehari-hari atau proses belajarnya di sekolah, apa yang bisa dilakukan? Sebagaimana kekhawatiran lainnya terkait tumbuh kembang anak, sebaiknya orang tua segera mengunjungi dokter agar permasalahan yang sebenarnya dapat terdeteksi dan anak bisa mendapatkan penanganan yang paling tepat untuknya.

Referensi

  1. KELLY, Kate. What is slow processing speed? [daring]. Tidak tersedia [dilihat 9 Agustus 2021]. Tersedia dari: https://www.understood.org/articles/en/processing-speed-what-you-need-to-know
  2. MORIN, Amanda. Understanding trouble following directions [daring]. Tidak tersedia [dilihat 9 Agustus 2021]. Tersedia dari: https://www.understood.org/articles/en/why-trouble-following-directions
  3. UNDERSTOOD TEAM. The difference between ADHD and executive functioning issues [daring]. Tidak tersedia [dilihat 9 Agustus 2021]. Tersedia dari: https://www.understood.org/articles/en/difference-between-executive-functioning-issues-and-adhd
Penyebab Umum Anak Sulit Mengikuti Instruksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *