Perkembangan Emosional Anak

Sharing is caring!

Foto Ibu dan Anak
Selain kebutuhan fisik, kebutuhan emosional anak harus terpenuhi

Selain kebutuhan fisik, kebutuhan emosional anak juga harus terpenuhi. Dengan terjaganya pemenuhan kebutuhan emosional yang baik, anak kita akan memiliki perkembangan emosional yang lebih baik. Perkembangan emosional ini merupakan fondasi yang kokoh bagi perkembangan sosial anak ke depannya. Dengan perkembangan sosial yang baik, peluang bagi anak kita untuk sukses menjadi terbuka lebar.

Lantas, apa saja yang dapat parents lakukan untuk meningkatkan perkembangan emosional anak? Berikut adalah beberapa di antaranya:

  • Jangan memarahi anak kita karena luapan emosinya. Buatlah agar anak kita yakin bahwa mengekspresikan emosi atau perasaan adalah hal yang diperbolehkan. Akan tetapi, pastikan kita mengajarkan anak kita bagaimana mengekspresikannya dengan baik sehingga tidak membahayakan dirinya maupun orang lain.
  • Membacakan cerita yang menampilkan emosi kepada anak. Dalam melakukannya, buatlah interaksi-interaksi yang bertujuan agar anak kita memahami mengapa tokoh-tokohnya menampilkan emosi-emosi tersebut.
  • Jadilah contoh yang baik. Sebagaimana yang kita tahu, kita sebagai orang tua merupakan role-model utama anak kita. Maka dari itu, pastikan kita memberikan contoh yang baik kepadanya.
  • Bangun kedekatan emosional dengan anak. Pastikan anak kita merasakan kasih sayang dan kehangatan dari kita setiap harinya. Misalnya, dengan pendekatan fisik dapat dilakukan dengan memeluk, mencium, mengusap, dsb. atau dengan pendekatan verbal seperti menanyakan kabar, memuji hal baik yang dilakukannya, dsb. Lakukanlah dengan tulus.
  • Jadikan diri kita tempat curhat yang baik bagi anak kita. Buatlah agar anak anak kita yakin bahwa kita menghargai dan menganggap dirinya penting.

Tentunya pendekatan-pendekatan yang dapat dilakukan untuk meningkatkan perkembangan emosional anak tidak terbatas pada hal-hal itu saja. Selain itu, setiap keluarga pasti memiliki situasi dan kondisi yang berbeda-beda. Maka dari itu, apabila kita membutuhkan saran, solusi, atau bimbingan dalam mengembangkan atau memperbaiki perkembangan emosional anak, kita dapat berkonsultasi dengan psikolog. Klinik Tumbuh Kembang Anak Superkidz memiliki psikolog-psikolog handal yang berpengalaman yang dapat membantu apabila kita memiliki masalah dalam mendidik dan mengasuh anak-anak kita.

Untuk info lebih lanjut mengenai pelayanan Superkidz, silahkan hubungi di:

  1. Superkidz Bekasi
    RGJ-556, Jl. Pulo Sirih Utama, Galaxy City, Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Jawa Barat – 17147
    Tel. 021-8274-8752
    WA 0855-9150-0810
  2. Superkidz Jakarta Pusat
    Jl. Percetakan Negara No. 223A, Rawasari, Cempaka Putih, Jakarta Pusat, DKI Jakarta – 10570
    Tel. 021-2450-2684
    WA 0821-1451-2292

Referensi

  1. PARENTING ASSISTANCE LINE. Nurturing Your Child’s Emotional Development: Preschool through Adolescence [daring]. 2017 [dilihat 2 Juli 2020]. Tersedia dari: https://pal.ua.edu/2017/08/18/nurturing-your-childs-emotional-development-preschool-through-adolescence/#:~:text=Developing%20emotional%20maturity%20is%20necessary,-awareness%20and%20self-esteem.

Media

  1. Foto oleh Bruno Nascimento di Unsplash
Perkembangan Emosional Anak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *