Permasalahan-Permasalahan yang Dapat Timbul pada Anak dengan ADHD

Sharing is caring!

 

Permasalahan-Permasalahan yang Dapat Timbul pada Anak dengan ADHD (1)

ADHD (attention-deficit/hyperactivity disorder) merupakan sebuah gangguan yang umum ditemukan pada anak-anak yang dapat ditunjukkan dengan kesulitan dalam memerhatikan, tidak bisa diam (hiperaktif), dan bertindak tanpa pertimbangan terlebih dahulu. Apabila anak Anda menunjukkan gejala-gejala tersebut, maka mungkin saja anak Anda memiliki ADHD. Oleh karena itu, sebaiknya Anda membawanya ke dokter atau psikolog yang dapat mengevaluasi apakah anak Anda memiliki ADHD.

Mengapa Anda perlu memeriksa apakah anak Anda memiliki ADHD? Karena ADHD dapat menimbulkan permasalahan-permasalahan, di antaranya:

  • seringkali kesulitan di kelas yang dapat menyebabkan kegagalan akademik dan penilaian yang buruk dari orang lain;
  • cenderung lebih sering mengalami kecelakaan daripada yang tidak memiliki ADHD;
  • cenderung memiliki rasa percaya diri yang rendah;
  • sulit berinteraksi dengan maupun diterima oleh teman-teman sebayanya;
  • bertambahnya resiko penyalahgunaan alkohol atau obat-obatan atau perilaku nakal lainnya. (1)

Dengan membawanya ke dokter atau psikolog, Anda dapat merencanakan program penanganan untuk anak Anda apabila anak Anda ternyata memiliki ADHD. Program penanganan ini bertujuan untuk mengurangi gejala-gejala ADHD sehingga juga mengurangi permasalahan-permasalahannya.

Dengan demikian, apabila Anda rasa anak Anda memiliki fokus yang buruk, gegabah, atau tidak bisa diam atau hiperaktif, maka konsultasikanlah dengan dokter atau psikolog agar anak Anda mendapatkan penanganan yang tepat.

Referensi

  1. MAYOCLINIC. Attention-deficit/hyperactivity disorder (ADHD) in children – Symptoms & causes [online]. 2019 [dilihat 23 Desember 2019]. Tersedia dari: https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/adhd/symptoms-causes/syc-20350889

Media

  1. Karya ini dibangun dari ADHD Diet oleh Practical Cures (CC BY 2.0, https://flic.kr/p/BCMBZz)
Permasalahan-Permasalahan yang Dapat Timbul pada Anak dengan ADHD

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *