Tata Krama Makan Anak yang Baik

Sharing is caring!

Mengapa anak harus makan dengan tata krama yang baik dan bagaimana cara mendukungnya makan dengan tata krama yang baik?

Makan sambil jalan-jalan atau bermain tidaklah baik bagi anak. Di antara dampak buruknya menurut psikolog anak dan keluarga dari Klinik Terpadu Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, Anna Surti Ariani adalah anak menjadi sulit berkonsentrasi.

Menurut dr. Meta Hanindita, SP.A(K), kebiasaan anak makan sambil nonton Youtube bisa membuat anak sukar makan makanan yang teksturnya lebih kasar kelak. Ini terjadi karena anak tidak fokus ketika makan sehingga otot-ototnya tidak terlatih dengan benar (tidak belajar mengunyah dan menelan dengan benar dan merespon makanan yang masuk ke dalam mulutnya).

Beradasarkan Raising Children Network, makan sambil tiduran, berlari, atau bermain bisa meningkatkan resiko anak tersedak.

Maka dari itu, yuk, kita biasakan anak untuk duduk dan fokus ketika makan.

Bagaimana caranya agar anak makan dengan sikap yang baik?

  1. Jadilah teladan dengan memberikan contoh tata krama yang baik ketika makan (misalnya, jangan makan sambil berjalan di depan anak).
  2. Siapkan waktu yang rutin untuk makan agar anak ingat bahwa dirinya harus duduk di meja tempatnya makan dan singkirkan segala gangguan (seperti TV) ketika waktunya makan.
  3. Jelaskanlah kepada anak mengapa tata krama di meja makan itu penting (misalnya, jelaskan bahwa makan tidak sambil duduk bisa membuatnya tersedak).
  4. Berikan anak apresiasi ketika anak menampilkan tata krama yang baik ketika makan.
  5. Buatlah pengalaman makannya menyenangkan (misalnya, dengan menyediakan menu makanan yang menarik).
  6. Ingatkan anak ketika anak tidak menampilkan tata krama yang baik dengan cara yang baik (jangan diperbesar masalahnya).
  7. Realistislah tentang waktu makan (misalnya, jangan jadwalkan makan ketika anak sangat kelelahan).

Demikian bahasan singkat mengenai cara agar anak makan dengan sikap yang baik. Semoga bermanfaat.

Referensi

  1. BETTER HEALTH CHANNEL. Toddlers and mealtime manners [daring]. Tidak tersedia [dilihat 22 Desember 2021]. Tersedia dari: https://www.betterhealth.vic.gov.au/health/healthyliving/toddlers-and-mealtime-manners
  2. DISDIKPORA KABUPATEN BULELENGKAB. Kata Psikolog, jangan biasakan anak makan sambil bermain [daring]. 2017 [dilihat 22 Desember 2021]. Tersedia dari: https://disdikpora.bulelengkab.go.id/informasi/detail/artikel/kata-psikolog-jangan-biasakan-anak-makan-sambil-bermain-30
  3. FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS AIRLANGGA. Bagaimana Jika Anak Makan Sambil Nonton Youtube?, Ini Kata Dokter [daring]. 2020 [dilihat 22 Desember 2021]. Tersedia dari: https://fk.unair.ac.id/bagaimana-jika-anak-makan-sambil-nonton-youtube-ini-kata-dokter/
  4. RAISING CHILDREN NETWORK. Choking prevention and choking risks [daring]. 2020 [dilihat 22 Desember 2021]. Tersedia dari: https://raisingchildren.net.au/toddlers/safety/choking-strangulation/choking-prevention
Tata Krama Makan Anak yang Baik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.