Tiga Hal Penting dalam Berinternet

Sharing is caring!

Tiga Hal Penting dalam Berinternet

Terlepas dari pro-kontra penggunaan internet oleh anak-anak, kita perlu mengetahui hal-hal penting yang harus diperhatikan agar anak kita tidak melampaui batasan-batasan yang membahayakan. Karena sebagaimana yang kita tahu, penggunaan internet oleh anak-anak sangatlah umum dan juga internet sebenarnya merupakan tempat yang beresiko tinggi.

Lantas, apa saja di antara hal-hal yang perlu diperhatikan tersebut?

  1. Ajarkan untuk tidak mudah berbagi informasi pribadi.
    Membagikan informasi-informasi pribadi di internet sangatlah beresiko mengingat internet dapat diakses oleh seluruh orang di dunia dengan cepat. Selain itu, tidaklah mustahil suatu informasi yang dibagikan secara pribadi kepada akun milik orang yang kita kenal di dunia nyata pun bisa tersebar misalnya melalui skenario akun tersebut telah dibajak oleh orang lain.
  2. Ajarkan untuk tidak melakukan hal-hal negatif.
    Melakukan atau mengatakan hal-hal negatif di internet juga sangat beresiko karena dapat merusak citra kita. Terlebih apabila akun kita tidak teridentifikasi secara anonim (mis. teridentifikasi dengan nama asli). Ini dapat merusak citra seseorang baik di dunia maya maupun dunia nyata. Masa depan anak kita bisa rusak akibat kecerobohan seperti ini.
  3. Pelajari konten sebelum anak kita menikmatinya.
    Tidak semua yang terlihat seperti untuk anak-anak adalah untuk anak-anak. Pelajari dengan benar demografi sasaran dari sebuah konten. Lebih baik lagi jika kita mengulasnya terlebih dahulu sebelum mengizinkan anak kita menikmatinya. Apabila ada konten bermanfaat, tetapi dirasa diperlukan bimbingan saat menikmatinya, dampingilah anak kita.

Sekian beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam berinternet. Apabila parents memiliki pendapat lain atau poin-poin tambahan, silahkan berkomentar! Terima kasih!

Tiga Hal Penting dalam Berinternet
Tiga Hal Penting dalam Berinternet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *